Categories: AktivitasPendidikan

Serangkaian Aktivitas Kegiatan Ramadhan 1443H/2022M

Assalamu’alaikum wr.wb
Bulan Ramadhan disebut dengan syahrun mubarak, seperti dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya: ”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Ramadhan 1443 H telah menyapa kita, Alhamdulillah, kesempatan ini merupakan anugerah terbesar dari Allah SWT kepada kita di tengah pandemi yang akan segera beralih tersedia peluang emas menuai berbagai amal shalih dan kebajikan selama sebulan penuh untuk menjadi insan Muttaqin.

TK Islam Soebono Mantofani menyambut hadirnya bulan Ramadhan dengan serangkaian kegiatan religi yang bertujuan membentuk kesalihan individu dan kesalihan sosial. Anandapun tidak ingin ketinggalan moment Ramadhan Mubarak, turut ikut serta dalam rangka mendulang amal shalih, meraih keberkahan Ramadhan, agar Ramadhan tidak  berlalu begitu saja dan merugi.

KBM khusus Ramadhan dikemas dalam bentuk aktivitas yang berbeda dari PTMT, Ramadhan kami khususkan pada proses Latihan pembiasaan beribadah. Dengan tujuan menanamkan memori ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, sehingga kelak setelah dewasa ananda selalu mempunyai memori yang menarik hati dan jiwa mereka untuk selalu menjaga ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Lihat lainnya : Ramadhan Storytelling “Practice spiritual discipline”

 Aktivitas KBM Ramadhan di  TK Islam Soebono Mantofani berlangsung setiap hari, mulai senin sampai dengan Jum’at, ananda kami latih untuk berpuasa, tidak membawa perbekalan selama KBM, materi Ramadhan yang kami sampaikan meliputi: praktek wudhu tanpa air, praktek shalat berjama’ah, tadarus surat pendek Al Quran, hafalan hadits pendek, hafalan do’a harian. membaca Asmaul Husna, menyebutkan sifat wajib ALLAH, melafazkan adzan dan iqomah serta mengucap kalimat thoyyibah.

Selain materi keagamaan kami juga menyisipkan beberapa pengetahuan keagamaan yaitu ; Menyebutkan Rukun Islam, Rukun Iman, Malaikat dan tugasnya, serta menyebut nama – nama Nabi dan Rasul.

Tidak hanya aktivitas Ramadhan yang bertujuan membentuk kesalihan individu sebagaimana yang kami sebutkan diatas, ada pula aktivitas  yang bertujuan membentuk kesalihan sosial yaitu Bersedekah.

Selama Ramadhan ananda kami biasakan beramal setiap hari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi teladan untuk lebih bersemangat dalam bersedekah di bulan Ramadhan adalah karena bersedekah di bulan ini memiliki keutamaan dibanding sedekah di bulan lainnya.

Dengan mengajarkan bersedekah sejak kecil, ananda  terlatih menanamkan naluri untuk selalu menyisihkan pendapatannya untuk bersedekah. Dengan mengajarkan sedekah melatih ananda untuk selalu peka dan peduli dengan kondisi orang di sekitarnya, selain itu sedekah juga bisa mengikis sifat egois yang ada pada diri ananda.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago