Categories: AktivitasPendidikan

Ceria & Edukatif di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Assalamu’alaikum wr.wb

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada awal Tahun Ajaran Baru 2021/2022 menyesuaikan kondisi pandemi dan mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Muhammad Hasbi menyampaikan kegiatan MPLS dapat diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan.

Sejalan dengan amanat Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru bahwa penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) wajib dilakukan secara edukatif, kreatif, dan juga menyenangkan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru berbentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dalam rangka penerimaan peserta didik baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.Melihat pentingnya tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, maka kegiatan MPLS wajib di selenggarakan oleh setiap satuan pendidikan.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2020, maka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didi baru dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Penyelenggaraan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah hanya pada hari sekolah dan berada di jam pelajaran.

Video Interaktif MPLS TK Islam Soebono Mantofani

TK Islam Soebono Mantofani menyelenggarakan kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 secara daring (online) untuk mencegah penyebaran Covid-19 sesuai dengan Himbauan KEMDIKBUDRISTEK dan amanat Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS dilingkungan  TK Islam Soebono Mantofani meliputi perkenalan seluruh Dewan guru, perkenalan lingkungan dalam sekolah dan lingkungan luar sekolah

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago