“Charity Program” Peringatan Muharram 1443H/2021

Assalamu’alaikum wr.wb

Bulan Muharram merupakan salah satu momentum mulia, bulan mulia yang mengawali tahun baru hijriah. terdapat banyak referensi dan literasi  yang mengisahkan mulianya 10 Muharam  (Asyura)  ini. Salah satunya tertuang dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laits As Samarqandi, dalam kitab tersebut dijelaskan alasan Hari Asyura pada 10 Muharam disebut Lebaran Anak Yatim lantaran tanggal itu kerap digunakan sebagai ungkapan kegembiraan bagi anak yatim. 10 Muharram (Asyura)  disebut juga sebagai  Hari Raya Anak Yatim , Istilah Idul Yatama (Hari Raya anak yatim) berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak – anak yatim pada hari tersebut.

Dalam kitab Faidul Qadir disebutkan, menjamu anak yatim dan keluarganya pada tanggal 10 Muharram merupakan sunah  Rasulullah dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh. Hari Asyura merupakan hari yang mulia bagi umat Islam sebagai momentum untuk mengenang serta mengikuti jejak Rasulullah saw dalam menyayangi anak yatim. Bahkan, Rasulullah mengatakan bagi mereka yang  mencukupi kehidupan (memberi nafkah hidup) anak yatim  kelak akan  berada dekat bersamanya di surga (H.R. Bukhari).

Alhamdulillah, walaupun pandemic masih terjadi  TK Islam Soebono Mantofani tetap menyelenggarakan program tahunan sosial dan kemasyarakatan, Pandemi tidak menjadi penghalang untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. TK Islam Soebono Mantofani memanfaatkan momentum mulia dibulan Muharram dengan mengadakan santunan untuk yatim dengan mengunjungi Pondok pesantren yatim dan dhuafa “yatimku Laa Tahzan” yang berada dikawasan Pondok pucung.

Charity Program Muharram 1443H/2021 TK Islam Soebono Mantofani

Alhamdulillah Amanah dari orang tua murid telah kami tunaikan tepatnya pada hari Jum’at, 20 Agustus 2021 yang lalu, hanya perwakilan dewan guru yang bersilahturahmi ke panti asuhan untuk menyampaikan donasi. demi Kesehatan Bersama tetap menerapkan prokes untuk tidak berkerumun, dan menjaga jarak, ananda tetap berada dirumah masing – masing, tidak kami sertakan dalam kunjungan tersebut. Terimakasih kepada para donatur atas terselenggaranya acara ini, semoga ALLAH SWT membalas dengan kebajikan yang berlipat ganda. Aaamiiin,,,,,,

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago