Categories: AktivitasPendidikan

Laporan Perkembangan Anak (LPPA) 2021

Laporan Perkembangan Anak

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Laporan Perkembangan anak merupakan alat untuk mengomunikasikan dan menjelaskan hasil penilaian tentang perkembangan ananda selain itu juga sebagai dokumen tertulis autentik yang diberikan satuan Pendidikan terhadap orang tua murid yang tidak kalah penting buku rapor menjadi bahan laporan pihak sekolah kepada orang tua tentang proses dan hasil belajar ananda dengan demikian Rapor dapat menjadi penghubung informasi antara pihak sekolah dengan orang tua murid.

Penyampaian Laporan Perkembangan Anak kepada orangtua dilakukan satu semester sekali yaitu

pada setiap akhir semester tahun ajaran. Pada saat menyampaikan laporan perkembangan anak, setiap wali kelas /guru seyogyanya menyampaikan hal-hal sebagai berikut: Keadaan ananda ketika melakukan kegiatan belajar secara fisik, sosial, dan emosional, Kemampuan/kompetensi yang sudah dan belum dikuasai ananda serta Hal-hal yang harus dilakukan orang tua untuk membantu dan mengembangkan Kemampuan/kompetensi ananda lebih lanjut. maupun Nilai Moral , Sosial emosional ananda yang perlu dipertahankan ataupun yang harus dibimbing kearah yang lebih baik.

TK Islam Soebono Mantofani sudah mengimplementasikan kurikulum K13 dalam Kegiatan Belajar Mengajar sehari – hari. Pada Kurikulum K13 Rapot PAUD maupun TK disebut juga sebagai LPPA yang dikenal sebagai Laporan Perkembangan Anak.Memerlukan proses yang  panjang dan lama dalam pemebuatan laporan raport ini seperti pada jenjang yang lain. Penilaian dimulai dari penilaian harian bulanan hingga penilaian semester.

Untuk tahun ajaran  2022 Laporan Perkembangan Anak diselenggarakan secara tatap muka namun tetap dengan prokes yang berlaku,serta menurut jadwal kedatangan yang sudah direncanakan sebelumnya. Orang tua murid dapat mengetahui perkembangan pembelajaran ananda selama 6 bulan sekaligus berkonsultasi secara langsung kepada guru wali kelas masing – masing. Begitupun dengan guru, dapat menyampaikan kelemahan ananda dibidang kompetensi tertentu sehingga bisa dilakukan pembinaaan dirumah dengan bantuan orang tua tentunya, begitu pula dengan potensi ananda sangat perlu diketahui oleh orang tua murid supaya dapat terus dilatih dan dibimbing agar bakat dan minat ananda tetap terus tumbuh dan berkembang maksimal. Dengan demikian komunikasi dan Kerjasama antara guru dan orang tua murid dapat terjalin dengan erat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago