Categories: Aktivitas

Storytelling “Back to School with Holy Spirit” memeriahkan acara Halal bi Halal

Assalamu’alaikum wr.wb

Mengawali Kembali aktivitas belajar disekolah dibulan Syawal dengan semangat yang fitri, setelah ditempa madrasah Ramadhan selama sebulan penuh. Memulakan kegiatan pasca hari Raya Idul Fitri dengan menghadirkan suatu tradisi keagamaan yang telah mengakar kuat dipersada nusantara dan hanya bisa dijumpai direpublik tercinta kendatipun demikian dalam beberapa tahun terakhir juga diadaptasi oleh beberapa negara lain.

Acara halal bi halal menjadi media untuk mempererat tali silahturahmi diantara warga sekolah. Sekaligus menjadi wadah untuk saling bermaaf-maafan antara guru dan juga murid sehingga tercipta suasana rukun dan damai.

Rangkaian kegiatan Halal bi halal dibuka dengan membaca ikrar dilengkapi dengan hafalan dan menari sebagaimana kegiatan rutin yang kerap dilakukan kemudian dilanjutkan dengan bersalam – salaman antara guru maupun sesama kawan. Dengan maksud menebar suasana kebersamaan dan berbagi ananda kami minta membawa kue lebaran untuk kemudian dikumpulkan dan dimakan bersama kawan yang lain dengan demikian atmosfir halal bi halal lebih kentara.

Sebagai penutup sekaligus puncak acara Halal bi halal kami hadirkan Ka Rahmat, pendongeng sekaligus pesulap yang mengajak bonekanya yang bernama Ojan, tidak ketinggalan boneka binatang singa dan tikus kecil juga turut dibawa serta guna memeriahkan acara, Kumandang sholawat membahana bergema dipenjuru lapangan membuka dongeng bertema halal bi halal. Pada kesempatan kali ini Ka Rahmat bercerita tentang tikus dan singa yang saling tolong menolong dan bersahabat, dilanjutkan  dengan pertunjukan sulap sebanyak 3 atraksi, serta games yang melibatkan ananda secara aktif. Ka Rahmat memilih memperagakan gerak dan lagu “teko kecil dan naik delman” sebagai penutup acara dongeng halal bi halal.

Storytelling pada acara Halal bi Halal TK Islam Soebono Mantofani

Pesan moral yang tersirat dalam  dongeng Halal bi halal hendaknya saling memaafkan antar teman, jika melakukan kesalahan terhadap teman segera meminta maaf hal tersebut sejalan dengan tujuan halal bi halal itu sendiri yaitu agar semua orang dapat selalu selalu berbuat baik dengan mau memaafkan kesalahan orang lain yang pernah berbuat kesalahan padanya, sehingga ukhuwah tetap terjalin.

Wassalamu’alaikum

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago