Categories: Aktivitas

Peringatan Tahun Baru Islam “The Majesty of Muharram”

TK Islam Soebono Mantofani memperingati tahun baru Islam dengan aktivitias Charity & Storytelling

Bulan Muharram merupakan bulan yang suci dan istimewa karena di dalam bulan yang disucikan ini terdapat  Hari Raya dari anak-anak Yatim atau disebut juga Idul Yatama.

Keistimewaan Bulan Muharram sebagai sistem penanggalan bulan perdana dalam kalender hijriah sebagaimana yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tepat pada bulan Muharram, sebagai pembuka bulan pada tahun baru islam menjadi momentum yang baik sebagai sarana evaluasi dan introspeksi  diri dengan memperbanyak amalan kebajikan. Salah satunya dengan menyantuni anak yatim di bulan Muharram.

TK Islam Soebono Mantofani memperingati bulan Muharram sebagai salah satu bulan yang Mulia dengan menggelar dua kegiatan dalam satu waktu.

Bertepatan pada hari Sabtu, Tanggal 13  Agustus 2022, bertempat dilantai dua masjid Yayasan Soebono Mantofani diselenggarakan Dongeng Muharram sekaligus santunan anak yatim. 

Sebagai pembuka acara adalah dongeng Muharram, dengan mengundang Ka Igo sebagai Storyteller dan magician, Petikan ukulele mengawali rangkaian dongeng yang akan dituturkan, bersamaan dengan itu ananda tamu – tamu istimewa dari Yayasan Global Insani dan Tunas Muslim berangsur – angsur mulai  berdatangan dan memenuhi area masjid  kemudian Ka Igo mengambil kantong Ajaib untuk memberikan hadiah baik terhadap ananda maupun tamu undangan.

Dilanjutkan dengan atraksi tiga sulap yang menakjubkan dan sarat makna islami kemudian Ka Igo memanggil bonekanya yang diajak turut serta , yaitu Oren kepanjangan dari Orang Utan Keren itulah nama boneka Ka Igo.

Dongeng Muharram berkisah tentang akhlaq perilaku Rasulullah terhadap anak yatim, Ka Igo menyisipkan  pesan moral bahwa kita harus menyayangi anak yatim sebagaimana Rasulullah menyayangi dan berbuat baik terhadap mereka.

Dongeng ditutup dengan pembagian door prize oleh Ka Igo yang tentu saja menggembirakan ananda tamu undangan dari Yayasan yatim.

Acara selanjutnya adalah pembagian santunan oleh ananda kepada para tamu undangan dari Yayasan Global Insani dan dari Tunas Muslim serta ananda yatim yang berdomisili  disekitar lingkungan Sekolah.

Khusus  untuk pondok pesantren yatim & Dhuafa yatimku Laa Tahzan santunan kami serahkan langsung kepondok pesanteran diwakili oleh dewan guru.

Alhamdulillah ada 40 anak yatim yang tersantuni yang bernaung di dua Yayasan yang berbeda serta 11 anak yang beralamat tinggal dilingkup Kawasan Sekolah. Semoga berkah dan bermanfaat dunia dan akhirat.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggara acara dengan baik dan lancar, terutama kepada orang tua/wali murid TK Islam Soebono Mantofani atas sumbangsihnya berupa donasi.

Semoga ALLAH SWT menerima segala amal baik kita dan melipat gandakannya serta mengumpulka kita semua Bersama Rasulullah dalam Jannah.

امين يا ربال الامين

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago