Categories: AktivitasPendidikan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Seru dan Menyenangkan

Start The New school Year with The Passion for Achieving Goals

Assalamu’alaikum wr.wb

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang lebih familiar dikenal MPLS bagi anak usia PAUD dan TK sangatlah berbeda ditilik dari segi penyelenggaraan maupun kegiatan  dengan tingkat jenjang formal yang lebih tinggi. Kegiatan MPLS di PAUD dan TK lebih menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan ringan yang menyenangkan seperti bernyanyi, berdoa bersama,serta permainan edukatif dengan proses adaptasi yang menyenangkan dan edukatif agar anak merasa nyaman di lingkungan yang baru. Tentu saja dengan mempertimbangkan ketersediaan alat peraga atau fasilitas penunjangdi masing – masing satuan Pendidikan.

Dengan berpedoman pada Permendikbud No. 18/2016 tentang tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di satuan Pendidikan yaitu Mengenali potensi diri siswa baru. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Alhamdulillah atas berkat rahmat ﷲ MPLS tahun ini terselenggara secara tatap muka setelah dua tahun berturut – turut diselenggarakan secara daring.TK Islam Soebono Mantofani menyelenggarakan kegiatan MPLS sesuai amanat Permendikbud No. 18/2016 mengenai silabus pengenalan lingkungan Sekolah yang meliputi kegiatan wajib dan kegiatan pilihan. Kegiatan wajib yang kami selenggarakan mencakup Kegiatan pengenalan siswa, warga Sekolah, pengenalan fasilitas sarana dan prasarana Sekolah, etika komunikasi, Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun serta pengenalan budaya dan tata tertib Sekolah serta . Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter

Tidak hanya kegiatan wajib MPLS, sejumlah kegiatan pilihanpun terlaksana dengan baik yang meliputi pengenalan kegiatan ekstrakurikuler yaitu mewarnai/melukis, Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain gera dan lagu, lomba dan games edukatif.Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan edukatif,  serta mengajarkan simulasi antri melalui baris Ketika kedatangan maupun berpamitan pulang.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Berikan Komentar

Recent Posts

Penampilan Storytelling Memeriahkan Kegiatan Ramadhan TK Islam Soebono Mantofani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Salah satu program TK Islam Soebono Mantofani guna menyambut datangnya…

1 year ago

Mengisi Kegiatan yang Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang disakralkan oleh muslim…

1 year ago

Pawai Kegembiaraan Menyambut Bulan Ramadhan di TK Islam Soebono Mantofani

Bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan, bulan yang penuh berkah, ampunan dan Rahmat, bulan diturunkan kitab…

1 year ago

Kegiatan Seru Peringatan Isra Mi’raj di Tahun 2023

Al-Isra 'wal-Mi'raj adalah keajaiban kedua setelah wahyu Al-Qur'an, Suatu peristiwa Perjalanan agung di bulan Rajab…

1 year ago

Meraih Juara pada Perlombaan Drumband Tingkat Nasional di Museum PP-IPTEK TMII

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Drumband adalah salah satu kegiatan ekstra kulikuler di TK…

1 year ago

Peringatan Haul ke- 7 Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono Mantofani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan Rasulullah adalah…

1 year ago